Hari Jamu Nasional, Ini 5 Manfaat Rutin Minum Kunyit Asam

Jakarta

Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang populer. Manfaatnya bagus Sebagai meredakan nyeri haid hingga membantu menurunkan berat badan.

Di Indonesia, setiap tanggal 27 Mei diperingati sebagai Hari Jamu Nasional. Hari ini bermula Dari jamu ditetapkan sebagai kearifan lokal Indonesia Dari 27 Mei 2008.

Samping Itu, jamu juga tercatat sebagai Warisan Kebiasaan Dunia Takbenda Dari Kemendikbudristek Dari 2018. Jamu sebagai ramuan Untuk tumbuhan Perawatan sudah digunakan secara turun temurun.


Seperti jamu kunyit asam yang populer Lantaran Memiliki segudang manfaat. Berikut manfaatnya:

1. Memperbaiki Daya Bertahan Tubuh

Jamu kunyit asam terbuat Untuk rimpang kunyit dan asam Jawa. Keduanya dikemas Bersama senyawa penting. Seperti asam Jawa yang mengandung asam amino esensial.

Gizi tersebut berperan memproduksi antibodi dan sel-sel Untuk sistem Dayatahan Tubuh, Supaya bagus Sebagai Memperbaiki daya Bertahan tubuh. Begitu juga Bersama kunyit yang mengandung kurkumin.

Dikutip Untuk Healthline, kurkumin senyawa yang Memberi warna kuning Di kunyit Memiliki efek anti peradangan. Ini bagus Sebagai menjaga daya Bertahan tubuh.

2. Meredakan Nyeri Haid

Kurkumin yang terkandung Di kunyit juga dapat meredakan nyeri Pada haid. Hal ini telah dibuktikan Dari beberapa studi.

Salah satunya yang berjudul “Effectiveness of turmeric tamarind and warm compression in the dysmenorrhea degression: Non pharmacologic therapy”.

Untuk Eksperimen tersebut, asam kunyit terbukti lebih efektif Pada penurunan dismenore Di subjek Eksperimen. Ini membuktikan bahwa terapi kunyit asam Memiliki efek Untuk penurunan nyeri haid.

Lebih Jelas, peneliti juga menyebutkan bahwa kunyit secara alami mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik, antipiretik, dan antiinflamasi.

Manfaat jamu kunyit asam ada Di halaman Berikutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hari Jamu Nasional, Ini 5 Manfaat Rutin Minum Kunyit Asam