Bisnis  

Daya Saing Digital RI Ke Tiap Lokasi Menunjukkan Tren Positif

Daya saing digital setiap Lokasi Ke Indonesia terus Menunjukkan Tren positif. FOTO/iStock

JAKARTA – Daya saing digital setiap Lokasi Ke Indonesia terus Menunjukkan Tren positif. Hal itu terlihat Di skor East Ventures–Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2024 sebesar 38,1.

Skor ini Meresahkan Untuk skor tahun-tahun Sebelumnya Itu, yaitu sebesar 35,2 Ke 2022 dan 37,8 Ke 2023. Ke EV-DCI 2024, 10 provinsi Di skor tertinggi masih didominasi Dari provinsi Ke pulau Jawa, seperti Ke Posisi Ke tahun Sebelumnya Itu.

Secara berurutan, 10 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Ke Yogyakarta, Banten, Bali, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Jawa Di. Keempat provinsi Ke luar Pulau Jawa yang berada Ke 10 besar ini secara konsisten dapat bersaing Di provinsi Ke Pulau Jawa.

Skor EV-DCI 2024 tertinggi masih dipegang Dari DKI Jakarta Di 78,2. Sambil, Ke posisi kedua dan ketiga ditempati Dari Jawa Barat dan Jawa Timur Di skor 60,0 dan 52,3. Beberapa provinsi Ke luar Jawa Merasakan peningkatan daya saing digital yang cukup baik. Keempat provinsi Ke luar Pulau Jawa yang berada Ke 10 besar ini secara konsisten dapat bersaing Di provinsi Ke Pulau Jawa.

Skor EV-DCI 2024 tertinggi masih dipegang Dari DKI Jakarta Di 78,2. Sambil, Ke posisi kedua dan ketiga ditempati Dari Jawa Barat dan Jawa Timur Di skor 60,0 dan 52,3. Beberapa provinsi Ke luar Jawa Merasakan peningkatan daya saing digital yang cukup baik.

“Melebarnya nilai spread dipengaruhi Dari berbagai faktor, Di lain perbedaan laju pembangunan digital masing-masing provinsi, serta perlambatan pembangunan yang dipengaruhi Dari faktor ekonomi makro yang memengaruhi daya beli Kelompok,” kata Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, Ke Jakarta, Kamis (22/5/2024).

Dia mengatakan EV-DCI 2024 menyajikan data daya saing digital Ke 38 provinsi dan 157 kota/kabupaten Ke Indonesia. Laporan Studi EV-DCI 2024 merupakan pemetaan daya saing digital Indonesia Di tema ‘Mewujudkan kedaulatan digital Indonesia’. Kedaulatan digital menjadi salah satu aspek penting Bagi suatu Negeri dapat memaksimalkan perkembangan Transformasi Digital Ke negaranya Bagi menjadi Kendaraan Bermotor Roda Dua peningkatan Kesejaganan, tidak terkecuali Bagi Indonesia.

“Kami berharap laporan ini dapat menjadi bahan acuan dan fondasi Bagi setiap pihak Yang Berhubungan Di Untuk terus membangun ekosistem digital Indonesia,” jelasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Daya Saing Digital RI Ke Tiap Lokasi Menunjukkan Tren Positif