Bisnis  

Gencar Dedolarisasi, Bangsa Terbaru Ini Kepincut BRICS Tendang Usd AS

BRICS sepakat meninggalkan Usd AS Bersama Maldives Bagi transaksi pembayaran Produk Impor. FOTO/iStock

JAKARTA – Bangsa-Bangsa BRICS India dan China sepakat meninggalkan Usd AS Bersama Maldives Bagi transaksi pembayaran Produk Impor. Maladewa Berkata bahwa India dan China telah setuju 50% transaksi pembayaran Produk Impor menggunakan Kurs Matauang lokal. Tagihan Produk Impor Terbaru Maladewa kepada China dan India mencapai USD1,5 miliar atau setara Rp24 triliun. Adapun kesepakatan tersebut India dan China membayar 50% Untuk Kurs Matauang lokal.

Baca Juga: Putin Balas Dendam, Izinkan Moskow Rampas Properti AS Ke Rusia

Dari Sebab Itu, transaksi lintas batas senilai USD750 juta atau setara Rp12 triliun Berencana dibayarkan Dari kedua anggota BRICS Untuk Kurs Matauang lokal dan mengesampingkan Usd AS. Maladewa mengimpor Produk senilai USD720 miliar Bersama China dan juga mengimpor USD780 miliar setiap tahun Bersama India. Separuh Bersama seluruh transaksi tersebut Berencana segera diselesaikan Untuk yuan China yang mengakhiri ketergantungan Ke Usd AS.

Pembantu Presiden Tim Menteri Pembangunan Ekonomi Maladewa, Mohamed Saeed, mengkonfirmasi bahwa yuan China Berencana digunakan Bagi perdagangan Produk Impor. Langkah tersebut sejalan Bersama agenda dedolarisasi BRICS Bagi Merangsang Usd AS Ke bawah Kurs Matauang lokal Bagi transaksi.

“Jika kita dapat mengatur hingga USD300 juta Bersama setiap Bangsa BRICS, itu berarti USD700 juta. Ini berarti kita bisa menghilangkan ketergantungan Ke Usd AS sebesar itu Ke masa Didepan. Hal ini Berencana Mengurangi permintaan Usd dan permintaan Usd Ke masa Didepan Berencana terus turun,” kata dia dilansir Bersama Watcher Guru, Jumat (24/5/2024).

“Maladewa mengimpor Di USD600-700 juta Untuk bentuk Produk Internasional Bersama kedua Bangsa anggota BRICS India dan China setiap tahunnya. Dari Sebab Itu, kami mengimpor Di USD1,4 miliar hingga USD1,5 miliar Untuk bentuk Produk Internasional setiap tahunnya, Bersama kedua pasar tersebut.”

Maldives juga mengkonfirmasi bahwa mereka Untuk bernegosiasi Bersama kedua anggota BRICS Bagi menggunakan Rufiyaa Maladewa Bagi penyelesaian perdagangan. Akan Tetapi, pembicaraan ini masih Untuk tahap awal dan membutuhkan lebih banyak putaran diskusi diplomatik Bagi melangkah maju. Dedolarisasi terus Memperoleh momentum dan Usd AS terancam Dari BRICS, Sambil Kurs Matauang lokal berkembang pesat.

(nng)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Gencar Dedolarisasi, Bangsa Terbaru Ini Kepincut BRICS Tendang Usd AS