Patogen HPV Pemicu Kanker Serviks Bisa Menyerang Pria, Efeknya Ke Standar Sperma


Jakarta

Para ilmuwan telah lama mempertanyakan apakah Infeksi human papillomavirus, atau HPV, Di pria dapat memengaruhi Keadaan dan kesuburan sperma mereka. Kini, sebuah studi awal menemukan bahwa Infeksi HPV berisiko tinggi Bisa Jadi Yang Berhubungan Di Di sedikit peningkatan tingkat kematian sperma.

Infeksi Di galur HPV berisiko tinggi tampaknya Yang Berhubungan Di Di “tingkat sel sperma mati yang jauh lebih tinggi” daripada Infeksi Di galur berisiko rendah, menurut sebuah studi kecil yang diterbitkan Untuk jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology.

Tingkat kematian sperma yang lebih tinggi sebagian dapat disebabkan Dari peningkatan Tekanan oksidatif Untuk sperma, yang dapat mengakibatkan kerusakan DNA atau gangguan fungsi air mani.


“Studi Sebelumnya telah Menunjukkan bahwa Infeksi HPV dapat memengaruhi fungsi sperma. Tetapi, sangat sedikit yang Mengusut efek diferensial Untuk genotipe HPV berisiko rendah versus berisiko tinggi,” kata Dr. Virginia Rivero, seorang profesor Di Universidad Nacional de Córdoba Di Argentina dan penulis senior studi Mutakhir tersebut kepada CNN.

Rivero dan rekan-rekannya memeriksa data Untuk 205 pria dewasa yang Menyediakan sampel air mani Di sebuah klinik urologi Di Argentina Di tahun 2018 dan 2021. Tidak ada satu pun pria yang telah divaksinasi Pada HPV.

Para pria tersebut, yang berusia rata-rata 35 tahun, mencari penilaian kesuburan atau Perawatan Untuk masalah saluran kemih Untuk tahun 2018 hingga 2021 Di sebuah klinik urologi Di Argentina.

Tiga puluh sembilan, atau 19%, Untuk pria tersebut dinyatakan positif HPV. Para peneliti dapat mengidentifikasi 20 pria Di Di mereka yang Memiliki jenis HPV berisiko tinggi dan tujuh pria Di HPV berisiko rendah.

Secara kasat mata, para peneliti tidak menemukan perbedaan yang mencolok Untuk Standar air mani Di pria Di salah satu jenis HPV dan sekelompok 43 pria yang hasil tesnya negatif Pada Patogen tersebut. Ketika mereka memeriksa air mani lebih Didekat Di alat yang sangat sensitif, mereka menemukan petunjuk yang Menunjukkan bagaimana jenis HPV berisiko tinggi dapat memengaruhi infertilitas pria.

“Daripada membuktikan secara meyakinkan hubungan sebab-akibat Di HPV dan infertilitas faktor pria, temuan Studi ini lebih tepat dilihat sebagai pembangkitan hipotesis Untuk Studi Di Detail,” beber peneliti..

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Patogen HPV Pemicu Kanker Serviks Bisa Menyerang Pria, Efeknya Ke Standar Sperma